twitter



Di kegiatan Kemah Bhakti ada kegiatan Safari Desa. Ini adalah kegiatan pertama yang pernah ada sepanjang sejarah Pramuka 271 Pacitan. Safari Desa adalah kegiatan dimana adik-adik Caba diterjunkan langsung ke rumah penduduk untuk bersosialis dengan masyarakat langsung.
Kegiatan Safari Desa dilaksanakan tanggal 26 Desember 2011 tepatnya sekitar pukul 15.00 WIB. Dengan bekal secukupnya Caba berangkat langsug ke rumah penduduk yang akan mereka singgahi selama 12 jam, pemberangkatan ini dengan didampingi Bantara. Setelah sampai di lokasi, Bantara kembali lagi ke bumi perkemahan. Semua Caba diminta untuk ikut merasakan kehidupan keluarga terkait yang mungkin kehidupannya jauh beda dengan kehidupan mereka di kota. Hidup dengan apa adanya, tanpa teknologi dan harus bekerja keras untuk mendapatkan sesuap nasi. Mereka membelah kayu, memasak, mandi dengan tempat yang semi terbuka, harus merasakan sulitnya air jadi harus menghematnya dan masih banyak lagi. Apa meraka bisa menjalani kehidupan yang belum pernah mereka jalani sebelumnya?
Dari serangkaian kegiatan Safari Desa itu memiliki tujuan antara lain :
1.     Kemandirian
2.    Lebih mensyukuri nikmat
3.    Kesopanan
4.    Keberanian
5.    Hidup apa adanya
6.    Tanggap dan peduli sesama
7.    Kerjasama dan menghargai orang lain
Semoga dengan adanya kegiatan ini Caba bisa mengambil hikmah dan makna kehidupan yang terkandung. “ Kita merasa berguna setelah kita bisa berbuat sesuatu untuk orang lain.” 

0 komentar:

Posting Komentar